Sosialisasi Pendataan Penyusunan Profil Balee Inong

Kepala Bidang Kesetaraan Gender Dinas P3AP2KB Kota Banda Aceh sekaligus menjadi pemateri dan pemimpin rapat, memaparkan bahwa  Pemerintah Kota Banda Aceh khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Banda Aceh mengalami berbagai kendala dalam melakukan proses pemberdayaan dan perlindungan bagi perempuan dan anak. Untuk itu Dinas P3AP2KB Kota Banda Aceh pada tahun 2017 menunjuk Kecamatan Meuraxa sebagai Pilot Project untuk Pendataan Penyusunan Profil Balee Inong/Perempuan.

Dilanjutkan dengan pemaparan pemateri kedua oleh Kasi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi dan Kualitas Keluarga Dinas P3AP2KB Kota Banda Aceh yang membahas tentang teknis dan mekanisme dalam pendataan penyusunan profil balee Inong/Perempuan. Langkah awal adalah melakukan workshop untuk membangun kesepakatan mengenai metode, sumber data indikator dan form kuisioner kepada Pengurus Balee Inong.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan Pendataaan Penyusunan Profil Balee Inong/Perempuan ini adalah untuk mendapatkan data terpilah terhadap profil perempuan dan anak.      Selain itu tujuannya dapat menjadi alat analisis dalam menentukan kebijakan program dan anggaran dalam pembangunan yang berkeadilan gender dan menjadi base line data dalam indikator penilaian hasil pembangunan dalam penerapan PPRG di Kota Banda Aceh.

Rapat tentang Sosialisasi Pendataan Penyusunan Profil Balee Inong/Perempuan yang bertempat di Aula Dinas P3AP2KB dengan jumlah peserta 57 orang ini berakhir pada pukul 11.00 WIB dimana Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh sebagai Pilot Project untuk pendataan penyusunan data terpilah perempuan. Pengumpulan data secara wawancara dan survey dilaksanakan oleh pengurus Balai Inong. Dengan adanya Profil Perempuan diharapkan dapat menyajikan data terpilah terkait aspek kependudukan, karakteristik rumah tangga, pendidikan, kesehatan dan keluarga berencana, ketenagakerjaan, sektor publik, perumahan dan fasilitasnya serta kekerasan terhadap perempuan.(ik/2)